Bakti Desa Wajak (Rancang Bangun Desa Ramah Lingkungan)


Center for Agriculture Development Studies (CADS) kembali mengadakan pengabdian masyarakat kali ini di daerah Wajak tepatnya di Dusun Duren, DesaDawuhan, KecamatanPoncokusumo, KabupatenMalang, kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu tanggal 5 sampai 6 Juli 2014. Tema dari pengabdian masyarakat ini sendiri adalah “Rancang Bangun Desa Ramah Lingkungan”.

Sosialisasi cara pembuatan kompos bersama warga Desa Dawuhan

Sosialisasi cara pembuatan kompos

Yang melatar belakangi kami melakukan kegiatan ini adalah di desa tersebut pengetahuan para petani tentang cara mengolah limbah atau kotoran ternak menjadi pupuk atau kompos masih kurang, kemudian timbulnya hama nonol (Xystrocera festiva) pada pohon tanaman sengon (Paraserianthes falcataria), yang mana tanaman ini merupakan komoditas yang memberikan nilai ekonomi tinggi bagi para petani sengon. Timbulnya hama nonol yang berada di Desa Dawuhan tersebut diakibatkan cara pengolahan dan pemberian pupuk kandang yang kurang benar. Dalam pengolahan pupuk kandang para petani awalnya tidak mengolah limbah kotoran ternak tersebut, petani langsung memberikan atau mengaplikasikan ketanaman sengon, yang mana diketahui bahwa pupuk kandang memiliki peranan mikroba yang berbeda-beda ada mikroba yang menguntungkan dan ada mikroba yang merugikan, apabila mikroba yang merugikan atau tidak menguntungkan ini tidak diolah atau diproses maka akan menimulkan bibit-bibit hama yang dapat mengganggu keberlangsungan dari tanaman budidaya, selain itu Ph dan suhu dari kotoran ternak juga harus disesuaikan karena kotoran ternak yang baru keluar dari ternak memiliki Ph yang masam dan suhu yang lumayan tinggi.

Selain itu dilakukan sosialisasi atau pengenalan tentang hama uret atau ulat tanah (Euchlora viridis F.) yang biasa disebut embuk. Kegiatan ini tidak berlangsung hanya sekali tetapi akan berlangsung secara berkelanjutan, karena akan dilakukan pembuatan agen hayati yang dapat membantu mengurangi hama nonol tersebut, untuk pesertanya sendiri berasal dari warga Desa Dawuhan sendiri selain itu acara hiburan di Desa Dawuhan adalah diadakannya berbagai lomba untuk anak-anak SD didesa tersebut.

IMG_5478

Bakti desa ini dimaksudkan untuk menjadikan desa binaan menjadi desa yang lebih mandiri dengan memanfaatkan sumber daya alam disekitar desa tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih bagi warga Desa Dawuhan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>