Desa Kalitekuk


Desa Sumberoto, Dusun Kalitekuk yang terletak di Malang Selatan ini merupakan desa binaan UKM CADS (Center for Agriculture Development Studies) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang sejak tahun 2001 hingga sekarang. Berbagai kegiatan pemberdayaan telah dilakukan oleh UKM CADS, mulai dari pembangungan madrasah hingga usaha pembibitan pohon Sengon. Semua ini kami lakukan untuk membantu masyarakat setempat demi hidup mereka yang lebih baik. Hingga kini, jalinan silaturahmi terus kami jaga dengan terus melakukan pendampingan setiap bulan, sehingga hubungan kekeluargaan tumbuh diantara anggota CADS, Alumni, beserta masyarakat desa Sumberoto.

Saat ini, desa Sumberoto masih tetap tertinggal dibandingkan dengan desa-desa pada umumnya. Hal ini terlihat dari berbagai fasilitas umum yang jauh dari jangkauan masyarakat. Bahkan Puskesmas pun harus ditempuh sejauh + 10 Km dari pusat desa. Fasilitas jalan umum juga masih jauh dari kata layak, mengingat kondisi jalan yang masih berupa tanah dan bongkahan batu kapur. Belum lagi fasilitas pendidikan yang juga sama jauhnya dari desa dan juga fasilitas air bersih yang kurang memadai karena kandungan kapurnya yang tinggi.

Kami dari UKM CADS Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya bertekad untuk terus mendampingi masyarakat desa Sumberoto sebagai bentuk pengabdian kami sebagai mahasiswa pada masyarakat.