Studi Lapang CADS 2013 ke Komunitas Brenjonk, Mojokerto 1


Studi lapang (STULA) yang dilaksanakan oleh panitia STULA  CADS 2013 ini berlangsung pada 10 Oktober 2013 dengan tema kegiatan pengenalan budidaya pertanian organik bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan juga bagi masyarakat umum. Peserta kegiatan didominasi oleh Mahasiswa dari angkatan 2010 hingga angkatan 2013 beserta beberapa mahasiswa lain program pascasarjana dan juga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi UB.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta STULA CADS 2013 ini menaruh minat yang lebih pada budidaya pertanian organik, sebagaimana pemerintah mulai mencanangkan program ketahanan pangan keluarga sejak tahun 2012 lalu. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, pertanian organik saat ini menjadi trend baru di dunia kuliner, kesehatan, dan di dunia pertanian itu sendiri. Di kota Malang, program ketahanan pangan keluarga telah berjalan sukses di daerah Sawojajar dan dapat menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain. Sedangkan di Batu sendiri, pemerintah setempat juga sudah mulai menggalakkan model pertanian organik bagi petani-petani di wilayahnya.

Model budidaya pertanian organik memang sangat tepat untuk diaplikasikan untuk semua skala pertanian yang ada. Di skala rumah tangga, misalnya, telah dibuktikan bagaimana pertanian organik mampu memberi kontribusi yang signifikan bagi pendapatan keluarga. Di Sawojajar, Malang, kegiatan bertani secara organik dilakukan pada skala rumah tangga. Di Mojokerto, desa Penanggungan dimana komunitas Brenjonk juga menerapkan hal serupa dengan model Rumah Sehat Organik.

Kami di CADS sangat tertarik dengan apa yang telah dilakukan oleh Komunitas Brenjonk yang mampu membangun desa tertinggal di Wilayah Trawas ini hingga menjadi desa penghasil sayuran organik berkualitas tinggi dan satu-satunya yang memegang sertifikat pengakuan organik Nasional maupun Internasional di Jawa Timur. Model yang diterapkan pun berbasis komunitas sehingga program ini mampu mengakar di masyarakat desa.

 

Tentang Komunitas Brenjonk


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One thought on “Studi Lapang CADS 2013 ke Komunitas Brenjonk, Mojokerto