Tentang CADS


CADS (CENTER FOR AGRICULTURE DEVELOPMENT STUDIES)

 

CADS (Center for Agriculture Development Studies) atau bisa juga disebut sebagai Pusat Pengembangan Studi Pertanian merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di lingkup Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang yang mengkhususkan diri pada pendidikan, penyadaran, dan pencerahan terhadap masyarakat pertanian secara global; advokasi sosial yang dijiwai semangat demokratis; dan studi serta penyikapan terhadap kebijakan negara yang berhubungan dengan pertanian secara global seperti apa yang dituangkan dalam Anggaran Dasar Organisasi ini. Selama ini CADS telah bergerak dalam aksi nyata mengabdi pada masyarakat pertanian sejak awal organisasi berdiri hingga sekarang, mulai dari kegiatan akademis seperti seminar nasional dan konferensi mahasiswa hingga pembangunan fasilitas umum seperti madrasah dan masjid di mitra desa kami.

Organisasi kemahasiswaan ini didirikan pada tanggal 21 Juni 2001 di Malang dan berkedudukan di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. CADS sendiri berasaskan demokrasi dan bertujuan untuk mewujudkan demokrasi dan kemanusiaan yang hakiki. Tujuan ini sekiranya sangat sejalan dengan ruang lingkup pertanian itu sendiri, mengingat pertanian adalah motor penggerak perekonomian bagi negara dan juga sebagai pemenuh hak mendasar manusia, yaitu makanan yang sehat dan mencukupi. Apa yang menjadi landasan kami semua adalah keyakinan kami bahwa membangun masyarakat yang lebih baik adalah urusan setiap orang. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang sesungguhnya memikul tampuk keberlanjutan perjuangan pembangunan, baik itu sebagai agent of change; agent of social; dan juga sebagai iron stock.

Akhir kata, dengan mengutip apa yang pernah dikatakan Kofi Annan:

 

“No-one is born a good citizen, no nation is born a democracy. Rather both are processes that continue to evolve over a lifetime. Young people must be included from birth. A society that cuts itself off from its youth, severs its lifeline…”